Wednesday, October 26, 2016

BEHIND STORY WINGS ALBUM by RM




Siapa nih yang nggak gregetan sama album BTS satu ini? Lagunya punya makna
tersendiri bagi mereka. Nah disini gue mau ngasih tau ke kalian, tentang cerita dibelakang pembuatan Album nya termasuk lagunya satu persatu. Ini gue dapet dari VLIVE Rap Monster.
Kuy cek!!

1.      Intro : Boys Meet Evil
Rapmon bilang disini Jhope bener-bener bekerja keras buat intro nya. Katanya saat memikirkan trailer, satu orang harus bekerja untuk mengenalkan album. Rapmon yang bantu buat lirik trailer nya (makanya ada nama RM di kreditnya) sedangkan Jhope berusaha keras buat tariannya. Jhope nulis lirik Korea tapi kadang-kadang tidak terdengar seperti bahasa Korea. Jadi Rapmon ngedit dibagian akhir liriknya
Rapmon bilang tarian Jhope nggak main-main, bener-bener diluar dugaan dengan lirik yang seperti ini bisa membuat tarian yang sekeren itu. Jhope terus ngeluh “aku tidak tahu apakah aku bisa melakukan ini. Aku tidak yakin ini berjalan dengan baik blablabla”
2.      Blood Sweat&Tears
Pas pembuatan track yang ini nih.. member lain nggak pandai buat melodi nya yang  bisa ditangkep buat didengerin. Rapmon sendiri udah nulis melodi dan rap lebih dari 20x !! Akhirnya produser suka sama tema “Killing me softly” dari situ Rapmon mulai mikir lagi buat melodinya. Judul “Blood Sweat & Tears” dari produsernya. Member lain mulai kerja juga buat mikirin track nya sendiri sama bagian-bagian dalam lagu.
Bagian Jhope yang “Wonhae manhi manhi” itu sebenernya buat Rapmon, tapi dia bilang “itu akan menjadi bencana kalau aku ditengah” /njirr ngakak/  akhirnya Jhope yang ambil bagian itu dan kata Rapmon Jhope bener-bener baik melakukannya.
Judul “Blood Sweat&Tears” Suga paling menentangnya. Suga bilang “Apa ini? Kedengarannya agak aneh. Aku menyukainya, meskipun tidak yakin pada awalnya. Bukankah ini kotor?” /pikiranmu mas aguss -_-/  Suga menentang karna itu kotor dan tidak akan berjalan dengan baik.
3.      Begin
Lagu solo mereka disini unik dan masing-masing ada satu atau dua kata dalam bahasa Inggris.
“Begin ini awal dari lagu-lagu solo. Ini cerita dari anggota termuda  kami. Jungkook mencoba menulis lirik sendiri pada awalnya. Tapi Jungkook benar-benar bermasalah dalam menulis lirik. Jadi dia datang kepadaku. Dia ingin aku mencobanya. Aku awalnya keberatan, ini cerita Jungkook dan aku bukan Jungkook. Dapatkah aku berbicara tentang cerita orang lain?

Jungkook cerita pas  awal tahun ini waktu mereka berkumpul dan menangis. Mereka jujur satu sama lain apa yang menyakitkan bagi satu sama lain. Jungkook pertama kali nangis dan berbicara tentang perasaannya.  Jungkook mengatakan dia menandatangani kontrak diusia muda, tidak tahu apa-apa. Dia nyanyi, menari dan bekerja keras karna dia ingin. Jungkook bilang sakitnya dia adalah kalo anggota lain lagi sakit. Disini member nangis semua. Rapmon bilang Jungkook selalu bilang kalo nggak ada yang mengganggunya selama ini.

“Aku baik-baik saja. Aku sangat kuat hyung. Aku tidak peduli tentang hal-hal lain, aku hanya tidak ingin kalian semua menjadi sakit” /sedih gue Kook T_T/
Pokoknya nih, lagu ini berarti banget buat Jungkook.
4.      Lie
Lagu ini lagu yang diperiksa terakhir sama Rapmon karna dia lagi sibuk /kasian Chim :v/ Di short film nya Jimin, ada buah yang baik dan ada yang jahat. Itu maksudnya ada kebaikan dan kebohongan. Jimin nulis lirik ini sendiri padahal dia nggak pernah nulis lirik di album-album sebelumnya. Jadi Rapmon disini menggabungkan ‘Young Forever’ sama ‘Demian’. Jimin bilang akhir-akhir ini dia ngerasa senang, karna kata Rapmon sebelum debut Jimin selalu menyalahkan dirinya sendiri “aku tidak baik, aku tidak mampu. Aku melakukan kesalahan, aku paling buruk”
Jimin berpikir tentang dirinya sendiri di masa lalu. Dia tenggelam dalam kebohongan di masa lalu. Jimin selalu berpikir tentang kelemahan dan kesalahannya. Produser bilang yang ditulis Jimin itu bagus dan luar biasa.
5.      Stigma
Kata Rapmon ‘STIGMA’ itu bukan kata umum yang sering digunakan, tapi itu kata aib. V selalu ingin melakukan sebuah lagu dengan jenis irama yang unik. V tanya ke Rapmon “Hyung apakah lebih baik dalam bahasa Inggris atau bahasa Korea?” Rapmon pikir V bener-bener lucu pas buat lagu sendiri. Rapmon yang dengerin lagu ini dia selalu inget sama orang tua dan keluarganya.
6.      First Love
Rapmon bilang dia nggak banyak  bicara sama Suga tentang lagu ini. Tapi tiap Rapmon denger lagu ini Rapmon cerita kalo Suga dulu sering banget merekomendasiin lagu-lagu jazz ke Rapmon. Rapmon inget Suga sering pake jaket abu-abu dan rambut nya yang item pas ketemu pertama kali di musim dingin.
7.      Reflection
Sebenernya lagu ini judulnya “in Ttukseom”. Lagu ini dibuat pas dia pergi ke Ttukseom. Dia buat lagu “Blood Sweat&Tears”  , “Begin” juga di Ttukseom.  Dia pikir dia harus nulis apa yang dia rasain sekarang. Tapi dia bingung apa yang harus dia tulis, tiba-tiba kereta api lewat pas dia duduk di taman Ttukseom dan berpikir harus nambahin efek suara yang lagi di denger sekarang. Jadi dia ngidupin rekaman hp, dia ngerekam suara orang bertepuk tangan di taman dan suara kereta api lewat. Rapmon bilang ketika dia lagi jalan-jalan keTtukseom atau sungai Han dia pengen banget muter lagu ini untuk dirinya sendiri. Makanya itu judulnya “REFLECTION” karena dia selalu ingin mengintropeksi diri, berkeliaran dan mencerminkan diri melalui musik.
8.      MAMA
“Jhope sering berbicara tentang ibunya ke member lain. Apa yang dia lakukan ke ibunya, apa yang ibunya lakukan untuk dia. Ini seperti cinta Suga terhadap piano.”
Rapmon bilang ini bukan lagu yang menarik, tapi kedengerannya menarik karena ada suara dari tanduk dan terompet. Jhope juga masukin suara ibunya di lagu ini 'Yeoboseo?' hayoo sadar nggak :'v
9.      Awake
“Jin melakukan ssesuatu yang menakjubkan kan? Ini Slow Rap yang dibuat oleh produser kami. Aku benar-benar menyukai lagunya. Lagu ini lagu yang hampir semua produser Big Hit berpartisipasi kecuali Suga. Jin hyung adalah tipe orang yang tak bisa aku mengerti sampai debut kami. Aku pernah bertemu dnegan orang seperti itu. Dia sangat santai. Bagaimana bisa dia tidak hidup keras? Lirik ini benar-benar mewakili Jin hyung” /lu ngomel Mon? --/
Jhope bagian nulis lirik “yeah its my fate” “Wide awake wide awake ...”
Jin buat melodi yang “Maybe i i can never fly ...”
10.  LOST
Lost ini lagu favoritnya Rapmon. Lirik sebenrnya itu “I O U uh woo o o oh” tapi diganti “Lost My Way ay a a a a ay..”
Lagu ini sejenis sama suasana hati “SAVE ME”, Rapmon bilang tiap dia mandi dia dengerin lagu ini. Lost ini kata Rapmon awalnya drama komedi tapi banyak yang menentangnya.
11.  Chyper 4
Rapmon yang nulis. Suga berpartisipasi tapi kata Rapmon itu buruk wkwk
12.  Am I Wrong
Kata Rapmon ini mirip sama “Baepsae” dan “Dope”. Am I Wrong awalnya sebuah kisah cinta. “Apakah aku salah? Kenapa aku salah?”
13.  21st Century Girls
Rapmon bilang dia nulis lirik juga buat “21st Century Girls” kenapa dia semua yang buat liriknya? Karena Suga lagi sibuk sama mixtapenya, Jhope sibuk sama trailer dan intro
14.  2! 3!
Lagu ini dari pemikiran Bang PD, karena dia yang membuat lagu terbaik untuk fans. Rapmon berpikir 2! 3! Itu salam sapanya BTS. Dan juga buat hipnotis kan pake 2! 3! Wkwk.
“‘aku harap ada hari baik setelah ini’ Ini untuk semua orang karena semua orang pernah mengalami hari yang menyedihkan. Kami berharap ada hai yang lebih baik dari ini. Kita membuat impian bersama.”
15.  Interlude : WINGS
“Lagu ini unik kan? Rasanya aneh ketika aku pertama kali mendengar lagu ini.  Ini agak pendek, tapi itulah yang membuat lagu ini lebih baik.  Kita bekerja keras untuk membuat album ini. Ini untuk kalian semua. Kalian harus sadar usaha kami dengan mendengarkan lagu ini”

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tuh kan ARMY.. BTS udah kerja keras banget buat nyiptain lagu yang keren buat kita. Bangga banget jadi ARMY ^^ kalian suka lagu yang mana nih?

1 comment:

  1. makasih dah nulis tentang bts, aku selalu nunggu tulisan mu tentang bts. hwaiting nulisnya

    ReplyDelete